Cara Gampang Membuat Pempek kulit (palembang) yang Enak Banget

Pempek kulit (palembang). Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness.

Pempek kulit (palembang) Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Pempek kulit terbuat dari kulit ikan, sisa-sisa ikan yang dagingnya telah dibuat pempek jenis lainnya. Meski berasal dari bagian ikan yang tidak berguna, rasanya tidak kalah nikmat dengan pempek lain.

Lagi mencari ide resep pempek kulit (palembang) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek kulit (palembang) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek kulit (palembang), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan pempek kulit (palembang) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah pempek kulit (palembang) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Pempek kulit (palembang) menggunakan 13 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Pempek kulit (palembang):

  1. Sediakan 1/2 kg kulit ikan tenggiri / daging merah.
  2. Sediakan 125 ml air es.
  3. Siapkan 1 telur ayam utuh.
  4. Gunakan 1 kuning telur ayam.
  5. Ambil 250 gr tepung sagu.
  6. Siapkan 100 gr terigu.
  7. Sediakan 1 sdm garam halus.
  8. Ambil 1 sdm gula pasir.
  9. Siapkan Secukupnya daun bawang ambil bagian ijonya saja.
  10. Ambil 5 butir bawang merah (haluskan).
  11. Siapkan 3 siung bawang putih (haluskan).
  12. Ambil 1/2 sachet ketumbar bubuk.
  13. Ambil 1/2 sachet lada bubuk.

Sebelum dicampurkan ke dalam adonan, kulit ikan dihancurkan baru. Pempek Lela menjual pempek Palembang asli tanpa cuka botolan, tanpa pemanis buatan, tanpa pengawet, dan tanpa pemutih. Tersedia pempek kapal selam, lenjer, adaan, dan kulit. Dibuat dengan ikan dari Kota Palembang.

Cara menyiapkan Pempek kulit (palembang):

  1. Campurkan dalam wadah kulit ikan tenggiri/daging merah, air es dan telur.bumbu yang dihaluskan, ketumbar dan garam. Tambahkan juga gula pasir dan garam. Mixer sebentar sampai rata..
  2. Lalu masukkan terigu aduk pakai whisk dan tepung sagu. Aduk sampai rata..
  3. Siap di bentuk dan digoreng. Adonan memang lembek.
  4. Goreng di minyak panas yang sedang. Jika sudah matang, angkat. Sisihkan. Semoga bermanfaat bunda 😊😍👍👍.

Untuk raso lidah dak pacak mudike. Pempek kulit memiliki bahan dasar yang paling berbeda dari pempek Palembang lainnya. Dari namanya saja bisa kita tebak bahwa bahan dasarnya adalah kulit ikan. Ya, benar sekali bahwa bahan dasar utamanya adalah kulit ikan. Kulit yang digunakan bisa berasal dari kulit ikan belida atau tenggiri.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pempek kulit (palembang) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

SeeCloseComment