Resep Ikan tongkol asap asam pedas kuah santan yang Bisa Manjain Lidah

Ikan tongkol asap asam pedas kuah santan. Resep Ikan tongkol asap asam pedas kuah santan. Lihat juga resep Ikan Tongkol Asap (Kuah Santan) enak lainnya. Resep Ikan Tongkol Kuah Santan Pedas Gurih Paling Enak dapat anda lihat pada video slide berikut.

Ikan tongkol asap asam pedas kuah santan Ikan asap sendiri sebenarnya bisa dibuat dari berbagai jenis ikan termasuk ikan tongkol. Namun setiap olahan ikan asap dari berbagai jenis ikan mempunyai kandungan gizi dan cita rasa yang berbeda. Baru setelah itu, masukkan ikan tongkol, tambahkan garam, bumbu kaldu, dan garam.

Anda sedang mencari ide resep ikan tongkol asap asam pedas kuah santan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan tongkol asap asam pedas kuah santan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan tongkol asap asam pedas kuah santan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ikan tongkol asap asam pedas kuah santan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Resep Ikan tongkol asap asam pedas kuah santan. Lihat juga resep Ikan Tongkol Asap (Kuah Santan) enak lainnya. Resep Ikan Tongkol Kuah Santan Pedas Gurih Paling Enak dapat anda lihat pada video slide berikut.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ikan tongkol asap asam pedas kuah santan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ikan tongkol asap asam pedas kuah santan menggunakan 21 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Ikan tongkol asap asam pedas kuah santan:

  1. Gunakan 5 potong ikan tongkol asap yang sudah dipotong - potong,.
  2. Sediakan bahan yang dihaluskan / diulek :.
  3. Siapkan 4 siung bawang merah.
  4. Gunakan 3 siung bawang putih.
  5. Ambil 3 cm jahe.
  6. Siapkan 4 cm kunyit.
  7. Siapkan 3 buah cabe merah.
  8. Ambil bahan lain :.
  9. Siapkan 2 batang serai di geprek.
  10. Gunakan 3 cm lengkuas digeprek.
  11. Sediakan 2 lembar daun salam.
  12. Ambil 2 lembar daun jeruk.
  13. Siapkan 10 buah cabe rawit biarakan utuh.
  14. Sediakan 2 sdt garam peres.
  15. Sediakan 1 sdt penyedap rasa / royco.
  16. Gunakan 1 sdt gula pasir.
  17. Siapkan 1 buah tomat iris panjang agak besar.
  18. Siapkan 1 ikat daun kemangi petik daunnya.
  19. Ambil 2 buah belimbing wuluh.
  20. Gunakan secukupnya minyak untuk menumis.
  21. Ambil 1 bgks santan kara, saya pakai yang ukuran kecil di campur dengan air.

Tutupi dengan penutup dan masak hingga bumbu meresap kedalam ikan. Ikan asap yang digunakan pada resep ini adalah ikan pari. Kalau suka banyak kuah, gunakan wajan yang berukuran lebar. Lihat juga resep Ikan cucut kuah santan segar dan mudah enak lainnya.

Cara membuat Ikan tongkol asap asam pedas kuah santan:

  1. Ikan tongkol digoreng 1/2 matang, sisihkan.
  2. Siapkan bumbu yang sudah dihaluskan, dan bahan lainnya, siapkan minyak sayur dan kemudian tumis bumbu halus setelah bumbu harum masukkan serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas sampai menyatu dengan bumbu halus.
  3. Masukan ikan aduk sebentar, kemudian masukan air santan, aduk2 sebentar, setelah mendidih tambahan garam, penyedap dan gula pasir, koreksi rasa bila kurang rasa bisa tambahkan garam bila terlalu asin bisa tambahkan air sedikit.
  4. Setelah mendidih dengan api sedang, masukan tomat, cabe rawit, belimbing wuluh dan daun kemangi.
  5. Tunggu sebentar sampai belimbing wuluh layu dan kuah meresap ikan, sajikan untuk keluarga tercita😊.

Ternyata memang enak masak ikan pare asap kuah santan + tumis kol + tempe mendoan sambal terasi. Aneka resep ikan kuah sederhana yang bisa anda sajikan di meja makan untuk keluarga tercinta. Rasanya yang sedap dan lezat tentunya akan menggugah selera makan anda. Berikut ini kami hadirkan resep ikan kuah sederhana seperti sup ikan nila, sup ikan kakap, sup ikan patin, ikan tongkol masak kuah dan ikan jambal masak kuah. Tak semua sajian ala minang itu bersantan gurih dan berbumbu pekat.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ikan tongkol asap asam pedas kuah santan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

SeeCloseComment