Resep Ikan Tongkol Asap Bumbu Tauco Anti Gagal

Ikan Tongkol Asap Bumbu Tauco. Lihat juga resep Tauco Ikan Tongkol enak lainnya. Saya memakai resepnya mbak elise (e-kitchen). Ikan tongkol saya ganti ikan sardine segar, saya juga menambahkan daun bawang dan daun salam.

Ikan Tongkol Asap Bumbu Tauco Resep ikan yang Anda temui mungkin akan sangat beragam mulai dari ikan goreng crispy, ikan goreng saus asam manis, ikan masak bumbu kuning, ataupun lainnya. Salah satu olahan ikan yang cukup banyak diminati adalah ikan masak tauco. Lihat juga resep Ikan Asin Tenggiri & Kembang Tahu Masak Tauco enak lainnya.

Sedang mencari ide resep ikan tongkol asap bumbu tauco yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan tongkol asap bumbu tauco yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan tongkol asap bumbu tauco, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ikan tongkol asap bumbu tauco enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Tauco Ikan Tongkol enak lainnya. Saya memakai resepnya mbak elise (e-kitchen). Ikan tongkol saya ganti ikan sardine segar, saya juga menambahkan daun bawang dan daun salam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ikan tongkol asap bumbu tauco sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Ikan Tongkol Asap Bumbu Tauco menggunakan 15 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Ikan Tongkol Asap Bumbu Tauco:

  1. Sediakan 5 potong ikan tongkol.
  2. Sediakan Bumbu :.
  3. Siapkan 4 siung bawang merah (iris halus).
  4. Gunakan 3 siung bawang putih (geprek cincang halus).
  5. Siapkan 1 sdm tauco.
  6. Gunakan 3 lembar daun salam.
  7. Gunakan 3 ruas lengkuas (geprek).
  8. Ambil 200 ml air matang.
  9. Siapkan 3 sdm minyak untuk menumis.
  10. Sediakan 2 sdm kecap manis.
  11. Gunakan 1 sdm gula.
  12. Siapkan 1 sdm garam.
  13. Gunakan 2 lembar daun jeruk.
  14. Siapkan 3 buah cabe hijau.
  15. Ambil 3 buah cabe setan.

Cara Membuat Ikan Tongkol Bumbu Tauco. Buang insang dan isi perutnya, lalu gurat sisi-sisinya dengan pisau. Lumuri dengan asam dan garam secukupnya. Ikan sebelah ini banyak tersedia di pasar tradisional dan juga di supermarket.

Langkah-langkah membuat Ikan Tongkol Asap Bumbu Tauco:

  1. Cuci ikan tongkol dengan air mengalir. Goreng sampai garing. tiriskan..
  2. Tumis semua bumbu, daun salam dan daun jeruk..
  3. Tambahkan tauco, garam dan gula. Tumis sampai bumbu matang..
  4. Tambahkan kecap dan air matang. Tunggu hingga mendidih..
  5. Masukkan ikan tongkol. Aduk rata dengan bumbu..
  6. Tes rasa..
  7. Tunggu hingga air menyusut dan sajikan dengan nasi pulen hangat..

Untuk memasak ikan sebelah tentunya harus memilih ikan yang masih segar agar terjaga kandungan gizi dan juga kandungan nutrisinya. Ikan sebelah bumbu tauco sangat lezat dan cocok dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat. Tambahkan jahe, lengkuas, serai dan daun salam. Tuangkan santan, masak dengan api sedang hingga mendidih. IKAN PARI TAUCO YANG ENAK MENU YANG PRAKTIS UNTUK KELUARGA ALA ENNY TANGERANG!!..

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ikan Tongkol Asap Bumbu Tauco yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

SeeCloseComment