Resep Mangut ikan asap, Bikin Ngiler

Mangut ikan asap. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Setau saya Mangut adalah masakan khas dari Semarang (mohon maaf jika salah),menggunakan ikan asap di masakan mangut harum aroma khas ikan asap sangat dominan di sayur ini, berbagai campuran bumbu dapur masuk dalam resep masakan ini, diantaranya adalah kencur dan daun jeruk purut. masakan termasuk ke dalam jenis masakan yang bersantan, mempunyai citarasa pedas yang membuat orang ketagihan sedapppp harum.

Mangut ikan asap Mangut merupakan olahan ikan asap yang dimasak dengan santan dan memiliki cita rasa gurih pedas. Berbicara tentang ikan asap, Kota Semarang memiliki sentra pengasapan ikan yang berada di Kelurahan. Mangut paling enak kalo pake ikan yang diasap tp repot juga kalo kudu bikin ikan asap di rumah ya.

Sedang mencari inspirasi resep mangut ikan asap yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut ikan asap yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan asap, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan mangut ikan asap enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Setau saya Mangut adalah masakan khas dari Semarang (mohon maaf jika salah),menggunakan ikan asap di masakan mangut harum aroma khas ikan asap sangat dominan di sayur ini, berbagai campuran bumbu dapur masuk dalam resep masakan ini, diantaranya adalah kencur dan daun jeruk purut. masakan termasuk ke dalam jenis masakan yang bersantan, mempunyai citarasa pedas yang membuat orang ketagihan sedapppp harum.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut ikan asap yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut ikan asap memakai 16 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Mangut ikan asap:

  1. Ambil 5 ekor Ikan asap.
  2. Sediakan 20 butir Telur puyuh.
  3. Sediakan 1 kotak Tahu.
  4. Siapkan 1 kotak Tempe.
  5. Ambil secukupnya Pete.
  6. Sediakan Cabe ijo + ale.
  7. Gunakan 5 siung Bawang merah.
  8. Sediakan 3 siung Bawang putih.
  9. Sediakan Lengkuas.
  10. Siapkan Daun salam.
  11. Siapkan Cabe rawit.
  12. Siapkan Tomat.
  13. Sediakan Santan.
  14. Siapkan Garam.
  15. Sediakan Gula.
  16. Siapkan Penyedap rasa.

Jadilah ini bikin pake ikan goreng. Masukkan ikan asap kedalam tumisan, aduk hingga rata, lalu tambahkan santan, sambil diaduk terus agar santan tidak pecah, lalu tambahkan juga gula, garam dan cabai rawit utuh. Mangut merupakan makanan berkuah santan dengan bumbu rempah-rempah yang menjadikan rasanya gurih pedas dan dengan aroma ikan asap yang khas. Apabila kamu sedang mengunjungi kota-kota di pesisir utara, kamu dapat mencoba makanan tradisional ini.

Langkah-langkah membuat Mangut ikan asap:

  1. Cuci bersih ikan asap,tahu,tempe lalu potong2.
  2. Goreng tahu setengah matang, semua bumbu di iris,lengkuas di geprek.
  3. Tumis bumbu hingga harum, masukan ikan asap, tahu yg sdh di goreng, tempe, dan beri air sedikit. Rebus sebentar..
  4. Setelah 10 menit masukkan pete dan telur puyuh yg sdh dikupas, beri garam,gula, penyedap rasa. Tunggu 5 menit.
  5. Terakhir masukkan santan, koreksi rasa. Mangut siap disajikan...

Niatan ke pasar pagi ini unutk belanja ikan bandeng. Mau praktek buat homemade bandeng presto. Eeeh ketemu juga sama tukang jual ikan pari asap. Girang bukan kepalang, jadi sekalian buat mangut ikan pari asap deh. Versi saya cabai rawit yang dihaluskan agak banyak aja.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Mangut ikan asap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

SeeCloseComment