Resep Tempe Mendoan yang Sempurna

Tempe Mendoan. Tempeh mendoan originates from the city of Purwokerto in Central Java, Indonesia. Most people consider tempeh mendoan as a snack, and is one of the more popular Indonesian street food, for good reason. Imagine tempeh, coated with a layer of spiced batter, and deep-fried in hot oil until it develops a crispy, crunchy, and super savory skin.

Tempe Mendoan However, tempe mendoan also could be made from normal tempeh that was sliced very thin but wide. Mendoan is a type of fried food that comes from the residency of Banyumas, Central Java, Indonesia. The word mendoan comes from the Banyumasan language word Mendo which means half-cooked or mushy; mendoan means cooking with much hot oil quickly so the cooking is not properly completed.

Lagi mencari ide resep tempe mendoan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal tempe mendoan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tempe mendoan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan tempe mendoan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Tempeh mendoan originates from the city of Purwokerto in Central Java, Indonesia. Most people consider tempeh mendoan as a snack, and is one of the more popular Indonesian street food, for good reason. Imagine tempeh, coated with a layer of spiced batter, and deep-fried in hot oil until it develops a crispy, crunchy, and super savory skin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat tempe mendoan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Tempe Mendoan menggunakan 11 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Tempe Mendoan:

  1. Sediakan 1 papan tempe.
  2. Siapkan 3 sdm tepung terigu.
  3. Sediakan 1 sdm tepung beras.
  4. Siapkan 1/2 sdt garam.
  5. Gunakan 1/2 sdt merica bubuk.
  6. Sediakan 1 batang daun bawang.
  7. Ambil 1/2 sdt bubuk kunyit.
  8. Gunakan 2 bawang putih.
  9. Sediakan 2 bawang merah.
  10. Gunakan Minyak untuk menggoreng.
  11. Siapkan 1/2 gelas Air.

Mendoan is often made of Tempeh and tofu. See also Tempe mendoan memang paling lezat jika dinikmati ketika masih panas dengan dilengkapi cabai rawit dan kecap manis atau sambal kecap. Tempe mendoan juga dapat disajikan sebagai lauk atau makanan ringan untuk menemani minum kopi atau teh pada saat santai. Tempe Mendoan adalah gorengan yang terbuat dari tempe yang tipis, dan digoreng dengan tepung sehingga rasanya gurih dan renyah.

Cara menyiapkan Tempe Mendoan:

  1. Potong tempe tipis dan lebar sesuai selera. Cuci dan potong tipis daun bawang. Tumbuk halus bawang putih dan bawang merah..
  2. Di wadah piring campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, merica dan air secukupnya hingga menjadi adonan. Masukkan daun bawang dan bubuk kunyit. Masukkan irisan tempe hingga semua terselimuti adonan..
  3. Tuang minyak di wajan. Panaskan minyak lalu masukkan tempe yang sudah di selimuti adonan. Goreng bolak balik hingga tempe matang lalu angkat dan sajikan..

Secara tradisional di wilayah Purwokerto atau Banyumas, tempe yang digunakan untuk membuat mendoan yaitu jenis tempe bungkus yang lebar tipis, satu atau dua lembar perbungkus. Cara Membuat Tempe Mendoan - Tempe mendoan merupakan salah satu makanan yang paling disukai masyarakat Banyumas. Memiliki rasa gurih dengan citarasa yang khas membuat mendoan selalu enak untuk di nikmati. Tempe mendoan bumbu kari. foto: Instagram/@guniezzt. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Tempe Mendoan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

SeeCloseComment